Sunday, June 20, 2010

Belanda Harus Belajar dari Pengalaman

Prediksi Portugal vs Korea Utara Tim Oranye Belanda harus belajar dari masa lalu, setelah menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Mereka harus menambah porsi latihan ketimbang bersuka.

Portugal vs Korea Utara Belanda memastikan lolos ke babak knock out, setelah menang atas Denmark dan Jepang. Belanda dengan koleksi maksimal enam poin hasil dua kali main, sudah meraih tiket ke 16 besar setelah Kamerun ditekuk Denmark 1-2, Minggu (20/6) dini hari WIB.

Ini kali ketiga Belanda memastikan lolos ke babak knock out di turnamen besar, setelah memainkan dua laga di penyisihan grup. Pada Piala Dunia Jerman, mereka lolos setelah menundukkan Serbia Montenegro dan Pantai Gading. Sedangkan di Piala Eropa 2008, dua tim papan atas mereka libas, Prancis dan Italia.

"Kami menunjukkan permainan stabil melawan Denmark dan Jepang, kendati kami tidak bermain bagus," ungkap gelandang Mark van Bommel yang merumput di Bayern Muenchen Jerman itu.

"Tetapi, menjadi tim kedua setelah Argentina yang memenangi dua pertandingan menunjukkan kami tim yang terus berkembang," jelas mantan gelandang Barcelona itu.

Kendati demikian, Belanda harus ingat kekurang beruntungan mereka setelah mengawali penampilan dengan kemenangan. Pada Piala Dunia 2006, mereka disisihkan Portugal di babak 16 besar. Sedangkan dua tahun lalu, keperkasaan anak asuhan Marco van Basten harus terganjal akibat dipecundangi Rusia yang ditukangi Guus Hiddink di babak sistem gugur.

Pada Piala Eropa 2008, di laga terakhir penyisihan grup Belanda menurunkan pemain lapis kedua dan menang atas Rumania. Tetapi setelah itu, mereka menjadi bulan-bulanan Rusia.

Kini, apakah pelatih Bert van Marwijk akan menampilkan pemain pelapis ketika menjalani laga tidak menentukan melawan Kamerun. "Ini situasi yang berbeda karena pemain telah matang ketimbang tim pada 2008 silam," ungkap kapten Belanda Giovanni van Bronckhorst. "Itu semua pilihan pelatih," ungkap bek kiri yang kini telah 101 kali membela tim Oranye. Jumlah yang menyamai penampilan asisten pelatih Belanda Phillip Cocu, berada di urutan ketiga pemain terbanyak membela tim 'Negeri Kincir'. (Reuters/OL-2)

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009  |  SEO by Blogspot tutorial On Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009